Rida Sita Dewi - Trio Cantik era 90-an

10 December 2015

Era 90-an pasti tau trio penyanyi cewek cantik Rida Sita Dewi. Trio ini beranggotakan Rida Farida, Sita Nursanti dan Dewi Lestari, ketiga cewek cantik ini berasal dari Bandung. Trio Rida Sita Dewi berangkat bersama-sama sebagai penyanyi di Bandung. Posisi mereka kebanyakan sebagai backing vocal. Sita Nursanti dan Dewi Lestari sempat membantu album rekaman Padhyangan Project sementara Rida Farida pernah membantu album rekaman DMC. Mereka dipersatukan oleh Adi Adrian dan Adjie Soetama dalam format trio.

Awalnya trio ini bernama TRIO WARNA. Entah kenaoa, ketika album pertama siap dirilis, trio ini berubah nama menjadi nama personelnya yaitu RIDA SITA DEWI atau disingkat dengan RSD. Album Antara Kita ini lumayan menggebrak karena lagu-lagunya memang easy listening. Disamping itu formasi trio perempuan memang tidak ada lawan, hanya AB Three yang eksis. Trio RSD pun perlahan melesat ke jajaran atas.

Kalau membahas RSD, tak lengkap kalau nggak bahas masing-masing personelnya. Dewi Lestari atau yang lebih dikenal dengan Dee, lahir di kota Bandung dari pasangan Yohan Simangunsong dan Tiurlan Siagian. Dee, anak keempat dari lima bersaudara dan tiga saudara perempuannya juga aktif dibidang seni. 2003, Dee menikah dengan Marcell Siahaan dan dikarunia seorang putra bernama Keenan Avalokita Kirana. Setelah lima tahun menikah, pasangan ini memutuskan untuk bercerai. Dan Dee kembali menikah dengan Reza Gunawan, seorang praktisi kesehatan holistic, mereka memiliki seorang putri bernama Atisha Prajna Tiara.

Sejak masih di bangku sekolah dasar, Dee aktif di kegiatan vokal grup paduan suara dan band sekolah. Dee tercatat pernah menjadi anggota grup vokal dan paduan suara di bawah pimpinan Daud Saba. Selepas SMA, Dee mengawali karier musiknya sebagai penyanyi latar Iwa K bersama Sita selama dua tahun menjadi penyanyi latar, Dee pernah bekerja sama dengan banyak penyanyi dan grup papan atas Indonesia seperti Java Jive, Emerald, Harvey Malaiholo, chrisye dan masih banyak lainnya

Rida Farida lebih dikenal sebagai Rida RSD, perempuan yang lahir 44 tahun lalu ini masih aktif menyanyi dan menjadi presenter acara “Perempuan dan Dokter” yang tayang di stasiun TV local STV Bandung dan guru vokal ketika RSD sepakat untuk membubarkan diri. Sejak kecil Rida suka bernyanyi sambil lenggak-lenggok centil, untuk mengasah bakatnya berlatih di Elfa’s Music Stuido. Berkat kegigihannya, Rida kerap mendapat pengalaman dalam bidang menyanyi sampai mengantarkannya menjadi penyanyi professional.

Indah Sita Nursanti lebih dikenal sebagai Sita RSD mantan anggota trio vokal Rida Sita Dewi. Setelah RSD bubar, Sita sibuk sebagai penyiar dan melakoni dunia seni peran. Sita merintis karier sebagai backing vokal untuk Iwa K dan pengisi Ost. Trauma Marisa. Debut acting Sita adalah drama musical Nyai Dasima setelah sempat tampil dalam pertunjukan serupa, Sita memulai debut layar lebarnya dalam film Gie (2005) dan berperan sebagai Ira teman Gie yang hobi naik gunung. Sita juga pernah menjadi “Story Teller” atau pembaca cerita dalam pagelaran teater musical berjudul Miss Kadaluwarsadi. Meski tak lagi bersama RSD, Sita juga tetap setia menyanyi sampai dia pernah mengisi suara Neyna, tokoh utama dalam film Biarkan Bintang Menari.

November tahun ini, Rida Sita Dewi menggelar konser reuni bersama penyanyi dan band era 90’an seperti ME, Fungky Kopral, Iwa K dan masih banyak lagi. Sebelum melakukan konser reunian, Rita Sita Dewi kembali bekerja sama untuk album film soundtrack Perahu Kertas karya Dewi Lestari.